UNDER MAINTENANCE

Selasa, 10 Februari 2015

Tips dalam Bermain Futsal dan Persiapannya

Assalamualaikum wr wb, Salam Olahraga..!!

Hai Masbro/MbakSis, pada Tulisan pertama ini saya mau bagi tips-tips dalam bermain futsal dan persiapannya.
Let Me Begin !

1. Pemanasan
Dalam bermain futsal ada baiknya kita lakukan pemanasan lebih dulu, yg berguna mengurangi resiko cedera bro, mulai dari stretching pergelangan kaki, mata kaki, kepala, pinggang, bahkan tangan sekalipun, karena Bermain Futsal/ Sepak Bola yg digunakan bukan hanya kaki, tapi semua anggota tubuh. 


2. Gunakan Ujung Kaki
Saat melakukan tendangan sebaiknya gunakan Ujung Kaki (Jempol), karena dgn menggunakan Jempol tendangan yg dihasilkan akan mempunyai Power yg tak terbayangkan (dengan tenaga yg digunakan sedikit) dan bola melayang susah ditebak. Tapi HATI-HATI dalam mengunakan jempol utk menendang, sebab butuh latihan khusus dan rutin guna mendapatkan hasil yg diinginkan, bisa-bisa jempol Masbro akan terkilir akibat salah metode yg diterapkan. saya aja bolanya suka salah arah dalam menggunakan jempol.Intinya kita pintar-pintar atur Emosi saat menempatkan pertemuan Jempol dengan Bola.

3. Gunakan Kaki Bagian Dalam
Nah ini kebalikan poin no.2 sebaiknya gunakan kaki bagian dalam utk passing dan umpan-umpan lambung, karena dgn bagian inilah dijamin bola akan mendarat dgn mulus ke kaki teman kita. Tapi bagi yg telah ahli bisa juga menggunakan punggung kaki, guna menciptakan efek pisang.

4. Minum Air Secukupnya
Kalo minum air ya Secukupnya ajalah, jangan banyak-banyak, entar banyakan kekamar mandi dari pada shoot ke gawang lawan. Hal ini utk mengurangi Nyeri di perut jikalau kita terlalu banyak minum. Kalo saya berusaha mungkin untuk tidak minum dalam permainan futsal yg sedang berlangsung (ehhh.. ialah kapan minumnya klo lagi maen). Maksudnya setelah Permainan berakhir Masbro baru minum. Buat jaga-jaga dan latihan aja mungkin suatu saat nanti Masbro/Mbaksis terdampar di padang Pasir yg sangat panas, dan hanya bisa lari mencari air. hahaha lebay.


5. Hindari Kontak Fisik
Hindari Kontak fisik disini bukannya kita gak boleh bersentuhan sama lain (teman/lawan), maksudnya hindari duel-duel keras dengan lawan bro.., karena disaat emosi kita keluar, Tenaga kita juga keluar karena Emosi itu, fisik jadi kendor, Gawang mudah dibobol. Usahakan , bila terlanjur emosi, disaat lawan menatap mata kita, maka segera teriakkan... LIRIKAN MATAMU MENARIK...ehhh, Next..!

Doi Mau beraksi bro, JANGAN DITIRU..!
6. Bermain dengan Tempo Cepat
Dalam bermain futsal usahakan bermain dengan tempo cepat, karena dengan tempo yg cepat lawan makin susah ngambil bola dari kita, jangan terlalu cepat juga memainkan tempo nanti malah temen kita yg kena imbasnya, Nah bagi yg menghadapi lawan yg bermain dengan tempo cepat ada dua cara utk menghadapinya, 1. Bermain Keras (Tapi Bersih) yg ke 2. Menunggu, nah dari dua cara ini saya lebih suka cara 2. Menunggu, karena dgn ini Fisik kita akan tetap prima dibanding menggunakan cara 1, tapi kalo menunggu yaa.. pintar-pintar kita utk membaca pergerakan lawan. Jangan menunggu diem aja, entar malah Menunggu Lawan nge-GOL.

Yah Sekian, itulah Tips-Tips Bermain Futsal yg saya berikan ke Masbro/Mbaksis sekalian, (Berdasarkan Pengalaman Pribadi) Bila ada kekurangan dan Salah dalam Penulisan Tips-tips ini Mohon di Maafkan.

Wassalamualaikum wr wb, MPAI FC..!!!

Tidak ada komentar: